Support

Jati Jepara Mebel

Tuesday, March 25, 2014

Kualitas kayu yang paling baik, antara kayu jati, mahoni, dan oak

Selamat malam, sedikit curhat sob, setelah bertemu kawan yang lama tidak jumpa, setelah bincang-bincang tidak jelas, hehehe. Kawan saya tersebut tanya,"bagus mana sih kayu jati, mahoni, atau oak?". Nah, dari itu saya jadi terpikirkan untuk menulis (mengutip) tentang kayu jati, mahoni, dan oak.

Kita bahas satu per satu mengenai kayu jati, mahoni, dan oak
1. Kayu jati
Pengertian kayu jati menurut wikipedia adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Pohon besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m. Berdaun besar, yang luruh di musim kemarau. Jati dikenal dunia dengan nama teak (bahasa Inggris). Nama ini berasal dari kata thekku (തേക്ക്) dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di India selatan. Nama ilmiah jati adalah Tectona grandis L.f.

2. Kayu mahoni
Mahoni adalah anggota suku Meliaceae yang mencakup 50 genera dan 550 spesies tanaman kayu. Wikipedia

3. Kayu oak
Pengertian oak, masih dari wikipedia oak atau ek (dari bahasa Belanda eik) dapat digunakan sebagai nama dari beberapa ratus spesies pohon dan semak dalam genus Quercus dan beberapa genus yang berhubungan, terutama Cyclobalanopsis dan Lithocarpus. Genus ini berasal dari belahan bumi utara, dan termasuk spesies peluruh dan hijau abadi yang menyebar dari lintang yang dingin sampai Asia yang tropis dan Amerika.

Sedangkan dari ketiga kayu tersebut kayu yang paling bagus adalah kayu oak yang kemudian kayu jati dan yang terakhir kayu mahoni. Kenapa kayu oak paling bagus diantara ketiga kayu tersebut, karena kayu oak memenuhi syarat sebagai kayu yang berkualitas baik. Ciri-ciri kayu yang berkualitas baik adalah :
  • kekerasan, 
  • daya tahan terhadap hama dan cuaca, 
  • tidak mudah berubah karena kelembaban, dan 
  • kelenturannya baik.  
Apabila suatu jenis kayu memiliki syarat tersebut maka kayu tersebut dapat diolah menjadi furniture yang berkualitas tinggi, bernilai ekonomis tinggi, dan yang pasti awet dan tahan lama.

Jadi kalau kawan menginginkan furniture yang berkualitas pilihlah furniture dari kayu oak/kayu jati, tapi apabila belum mempunyai dana untuk membeli furniture dari kayu oak, bisa memilih furniture dari kayu mahoni.

Itu sekilas tentang kayu oak, jati, dan mahoni, terima kasih sudah mampir. :-)


Sumber : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110102104009AABdbd1