Support

Jati Jepara Mebel

Monday, March 24, 2014

Cara merawat furniture dari rotan

Sesuai judul artikel saya, saya akan membagi bagaimana cara merawat furniture dari rotan. Jadi kalau ada sobat yang membaca artikel saya ini dan mempunyai furniture dari rotan bisa nih caranya dipraktekin, biar furniturenya awet sampai tujuh turunan. hehehe. amin

Sebenarnya semua furniture mempunyai perlakuan yang sama kalau ingin awet, tidak hanya furniture yang berbahan baku dari rotan. Kita lihat dulu pengertian rotan adalah sekelompok palma dari puak (tribus) Calameae yang memiliki habitus memanjat, terutama Calamus, Daemonorops, dan Oncocalamus. Dan biasanya memiliki diameter 2-5 cm.


Sudah tahu pengertian rotan, yuk kita simak bersama bagaimana cara merawat furniture dari rotan
  • Bersihkan seminggu sekali. Cukup gunakan lap kering untuk menghilangkan debu-debu yang menempel. Jangan gunakan cairan kimia karena dapat merusak rotan.
  • Untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada di sela-sela, cuci dengan menggunakan detergen. Cairan detergen hendaknya jangan terlalu pekat. Setelah itu, lap dengan menggunakan lap kering dan kerinngkan dengan diangin-anginkan. Ini dapat dilakukan setiap 1 bulan sekali.
  • Agar tetap kelihatan indah, Anda dapat mengecatnya bila warna rotan sudah kelihatan pudar.
  • Letakkan perabot dari rotan di tempat yang tidak terkena hujan dan sinar matahari secara langsung. Hal ini dapat membuat perabot Anda menjadi pudar, kering sehingga mudah rusak.
  • Untuk menghindari rayap, Anda dapat menggunakan larutan kamper (kapur barus) dan minyak tanah. Semprotkan larutan tersebut pada rotan, atau masukkan dalam lubang yang dibuat rayap pada perabot rotan Anda.
Bagaimana mudah kan sobat? Tidak perlu biaya yang mahal untuk merawat barang-barang yang kita miliki khususnya furniture untuk tetap terlihat baru. Selamat mencoba, dan terima kasih sudah membaca.


Sumber : http://kumpulan.info/rumah/tips-rumah/146-merawat-mebel-rotan.html